Hari ini kita membahas sedikit mengenai penglihatan keenam Zakharia, yaitu ia melihat ada sebuah gulungan kitab yang terbang (baca lengkapnya di Zakharia 5:1-4). Kita akan melihat beberapa penjelasan dari Walter Veith, Matthew Henry dan Ellen G. White.

Walter Veith menjelaskan mengenai gulungan kitab itu di dalam videonya yang ada di tautan berikut ini: https://youtu.be/XNlw8-esAOg?si=y6jdC03WhXQxrBSq

“Gulungan itu ialah pekabaran Perjanjian Allah, Kesepuluh Perintah, yang terbang di tengah-tengah langit, dan mengirimkan pesannya ke seluruh dunia.” (Walter Veith)

Apa isi gulungan kitab itu? Baca di ayat 3-4. Mari kita baca penjelasan dari Matthew Henry mengenai hal tersebut di dalam buku ‘Tafsiran Matthew Henry – kitab Zakharia pasal 5 hlm. 484-489:’

“Gulungan kitab yang terbang ini merupakan sumpah serapah. Kitab ini mengandung pernyataan tentang murka Allah yang adil terhadap orang-orang berdosa, terutama yang melalui sumpah serapah mereka telah menghina keagungan Allah, atau dengan mencuri telah melanggar hak dan harta milik sesama mereka.” (Tafsiran Matthew Henry – kitab Zakharia pasal 5 hlm. 485)

“Para pelaku kejahatan terhadap siapa kutuk ini terutama ditujukan. Dunia sarat dengan berbagai macam dosa: seperti itulah jemaat Yahudi pada waktu itu. Namun di sini dikhususkan dua jenis orang berdosa sebagai sasaran kutuk ini: (1) Para pencuri. (2) Orang yang bersumpah palsu.” (Tafsiran Matthew Henry – kitab Zakharia pasal 5 hlm. 486-487)

Mencuri dan bersumpah palsu termasuk dalam sepuluh hukum.

Penjelasan mengenai bersumpah palsu pernah dijelaskan di renungan kami berjudul:  “Seri Sepuluh Hukum (Bagian 6) – Hukum Ketiga (Bagian 1) – Sumpah Palsu”  atau bisa dilihat di tautan berikut ini: https://youtu.be/iT3gZQltBzc

Hari ini kita akan membahas soal mencuri dan Ellen G. White menjelaskan mengenai perikop ini:

“Setiap catatan bisnis, setiap rincian transaksi, akan melewati pemeriksaan dari auditor [orang yang memeriksa pembukuan tentang keuangan] yang tidak terlihat, dari agen-agen-Nya yang tidak pernah berkompromi dengan ketidakadilan, tidak pernah mengabaikan kejahatan, tidak pernah meringankan kesalahan.”

Education 144.1

“Terhadap setiap orang yang berbuah kejahatan, hukum Allah menuturkan penghukuman. Dia mungkin mengabaikan suara itu, dia mungkin berusaha mengingkari amarannya, tetapi sia-sia. Itu akan mengikutinya. Itu membuat dirinya didengar. Itu akan menghancurkan kedamaiannya. Jika tidak diindahkan, itu akan mengejar dia sampai ke liang kubur. Itu akan bersaksi melawan dia pada masa penghukuman. Suatu api yang tak pernah padam, akhirnya membakar jiwa dan raga.”

Education 144.5

Oleh karena itu, berlakulah jujur dan janganlah kita mencuri apa yang bukan menjadi hak kita. Setiap peringatan sudah diberikan kepada kita hari ini, apakah kita mau mendengarkan dan menurutinya? Jawablah dalam hati kita masing-masing.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami