Dari pasal 18, saya tertarik dengan pembahasan mengenai doa permohonan Abraham untuk Sodom yang akan dimusnahkan. Baca kisah lengkapnya di ayat 16-33.

Jadi, Abraham memohon kepada Tuhan jika ada 50 orang benar di dalam kota itu, maka Tuhan tidak akan memusnahkan, dan Tuhan setuju. Lalu Abraham memohon lagi beberapa kali, yaitu mulai dari 45, 40, 30, 20, hingga yang terakhir adalah jika ada 10 orang benar di dalam kota itu, maka Tuhan tidak akan memusnahkan, dan kali ini pun Tuhan setuju.

Apa yang mengilhami Abraham untuk membuat permohonan kepada Tuhan?

“Kasih bagi jiwa-jiwa yang akan binasa mengilhami doa Ibrahim. Sementara ia merasa muak dengan dosa-dosa kota yang jahat itu, ia rindu agar orang-orang berdosa itu dapat diselamatkan.”

Patriarchs and Prophets 140.1

“Perhatiannya yang dalam terhadap Sodom menunjukkan rasa khawatir yang harus kita rasakan terhadap orang-orang yang belum bertobat. Kita harus memupuk rasa benci terhadap dosa tetapi belas kasihan dan kasih bagi orang berdosa.

Patriarchs and Prophets 140.1

Jadi, yang seharusnya kita benci bukanlah orang berdosanya, tetapi dosa itu sendiri.

“Roh Abraham adalah roh Kristus. Anak Allah itu Sendiri adalah Pengantara yang agung demi untuk orang-orang berdosa.”

Patriarchs and Prophets 140.2

Oleh karena itu, marilah kita memiliki roh Kristus di dalam kehidupan kita sehingga kita bisa memiliki kasih semua orang termasuk orang berdosa.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami