Shalom, selamat pagi.

Apakah hari ini anda bersukacita? Jika ya, maka itu adalah kabar baik untuk kesehatan kulit wajah anda, terlebih itu kabar baik untuk tubuh anda.

Tahukah anda bahwa kulit memiliki reseptor. Reseptor artinya dia dapat menerima suatu rangsangan dari luar kulit itu sendiri. Reseptor itu menerima rangsangan berupa rasa nyeri, sentuhan, tekanan, dan juga suhu.

Kulit akan merasakan sakit jika terkena sayatan atau luka, kulit juga dapat merasakan dingin dan juga rasa sakit ketika terbentur. 

Kulit juga mengandung zat yang bernama melanin, melanin ini berfungsi memberikan warna pada kulit setiap manusia. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit maka makin gelap warna kulit seseorang, maka sebaliknya jika kandungan melanin rendah maka warna kulit semakin terang.

Kulit juga menjadi sistem pertahanan tubuh pertama yang menghadapi bakteri, virus dan zat berbahaya lainnya yang dapat menimbulkan penyakit. Tidak heran kulit memiliki lapisan-lapisan yang membuat tubuh kita terlindungi.

Kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh tingkat emosi seseorang, jika kita bahagia atau malu biasanya peredaran darah lebih lancar ke bagian kulit wajah akibatnya maka kulit wajah memerah. Jika seseorang takut maka cenderung kulit berwarna pucat. Marah, kesal dan juga benci, stres juga mempengaruhi keadaan kulit manusia akibat dari emosi negatif itu maka kulit wajah cenderung keriput, kusam bahkan mudah berjerawat.

Sungguh fakta yang menarik, bukan? 

Pelajaran yang dapat kita pelajari hari ini mengenai kulit adalah, kulit sebagai pelindung yang diciptakan Tuhan untuk kita. Kulit juga dipengaruhi dengan emosi seseorang, jika lebih banyak marah, kesal dan stress maka kulit cepat mengalami keriput dan penuaan.

Tidak heran dicatatkan di dalam Alkitab bahwa kita juga tidak boleh mudah marah. 

Mazmur 37:8 mencatatkan “Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan”

Jika kita marah, sangat mudah bagi tubuh untuk merasakan dampak buruk terhadap kesehatan, kulit salah satunya akan mudah terjadi keriput atau cepat tua.

Apapun keadaan yang kita hadapi hari ini mari “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!” (Roma 12:12), karena itu baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami