Mungkin beberapa orang berkata, “Ada juga orang yang tidak percaya perjanjian baru dan hanya mau menggunakan perjanjian lama saja. Lalu bagaimana?”

Perjanjian lama dan baru itu ingin saya umpamakan seperti uang koin yang ada dua sisi. Tidak bisa kita hanya ingin perjanjian lama saja tanpa yang baru. Mengapa? Hari ini kita hanya akan melihat dua contoh (di dalam renungan teks), untuk video penjelasan di Youtube, akan dijelaskan lebih banyak contoh.

Alasan pertama, ada banyak nubuatan di perjanjian lama yang kita bisa lihat kegenapannya di perjanjian baru. 

Contohnya adalah nubuatan kelahiran Yesus di perjanjian lama digenapi di perjanjian baru. Kita bisa melihat kegenapan nubuatan di perjanjian lama saat kita membaca perjanjian baru.

Alasan kedua, ada penjelasan-penjelasan detail yang kita akan temukan di perjanjian baru untuk bisa lebih mengerti lagi apa yang dicatat di dalam perjanjian lama.

Contohnya adalah penjelasan “Jangan membunuh” (Keluaran 20:13) di dalam kitab perjanjian lama; Kita bisa mengerti bahwa membunuh ini bukan hanya berbicara membunuh secara fisik, tetapi di perjanjian baru dicatatkan bahwa “Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia….” (1 Yohanes 3:15)

Beberapa alasan lainnya mirip dengan alasan mengapa kita masih tetap menggunakan perjanjian lama (baca atau tonton lagi video penjelasan seri menyelidiki Alkitab bagian 26)

Dari sini kita bisa mengerti bahwa kita harus menggunakan keduanya, bukan hanya salah satunya saja.

Kiranya renungan kita pada hari ini kembali lagi bisa menolong kita semua untuk semakin bisa mengerti mengapa kita harus menggunakan dan mempelajari perjanjian lama dan baru.

Jika ada pertanyaan, silahkan chat ke WA kami (Grow ministry 08990029900) atau bisa juga chat di kolom komentar di Youtube kami.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami