Peribahasa kita hari ini adalah “Hancur badan dikandung tanah, budi baik terkenang jua” artinya: Meskipun seseorang sudah meninggal, jika melakukan kebaikan maka banyak orang mengingatnya.

Di dalam Alkitab, selain Yesus yang suka menolong ada seorang wanita yang suka menolong juga bernama Tabita atau Dorkas yang dikenang banyak orang saat ia meninggal.

Alkitab mencatat bahwa “Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita — dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.” (Kisah Para Rasul 9:36)

Dan pada saat Tabita atau Dorkas ini meninggal, Alkitab juga mencatat, “… semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.” (Kisah Para Rasul 9:39)

Apa artinya? Artinya perbuatan baik Tabiat atau Dorkas yang suka menolong ini begitu berkesan bagi orang-orang di sekitarnya. Pertanyaan bagi kita, “Apakah saya sudah seperti Dorkas yang suka menolong orang?” jawablah dalam hati kita masing-masing.

Ingatlah bahwa Alkitab menasihati kita, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Galatia 6:2)

Kiranya kita bisa seperti Kristus yang suka menolong dan bisa menjadi Tabita-Tabita modern yang suka menolong orang lain.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami