Ada pepatah jawa yang berbunyi “dandhang diunekake kuntul, kuntul diunekake dandhang” yang artinya adalah perkara yang buruk dianggap baik, sedangkan yang baik dianggap buruk.

Pepatah ini mirip dengan ayat di Alkitab yang berbunyi, “Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit.” (Yesaya 5:20)

Hati-hati saat kita berkata orang yang melanggar akan hukum Tuhan itu tidak masalah dan berkata bahwa orang yang menuruti perintah Tuhan sebagai orang yang tidak benar.

Itulah sebabnya terkadang orang yang berlaku dan berkata jujur malah tidak disukai karena terlalu lurus dan susah diajak berkompromi. Sedangkan orang yang bisa diajak berkompromi untuk berbohong akan memiliki lebih banyak relasi atau teman karena disukai.

Marilah hari ini kita melihat diri kita sendiri dan bertanya, “Apakah saya Sudah selalu berjalan di jalan yang benar? Ataukah saya juga masih sering membalik-balikkan kebenaran?” Jawablah pada diri kita masing-masing.

Ingatlah! “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” (Matius 5:37)

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami