Apa itu excitotoxin? 

Sederhananya excitotoxin adalah zat yang dapat menyebabkan rangsangan berlebihan pada sel saraf atau sel otak yang mengakibatkan kerusakan dan bahkan kematian pada sel tersebut. Jadi excitotoxin ini jelas sangat berbahaya bagi otak kita.

Sayangnya MSG (monosodium glutamate) atau penyedap rasa atau orang biasa sebut dengan dengan istilah “micin” adalah salah satu contoh zat excitotoxin.

Penggunaan MSG untuk menyedapkan masakan sudah menjadi suatu fenomena yang sangat lumrah di tengah masyarakat, namun hal tersebut tetap saja tidak dapat memungkiri fakta bahwa MSG dapat menyebabkan kerusakan otak.

Pada tahun 1967 seorang peneliti saraf bernama Dr. John Olney melakukan suatu penelitian, dan di dalam penelitian tersebut “…Olney menemukan bahwa senyawa glutamat dapat menyebabkan rangsangan berlebihan pada sel otak yang sampai dapat mengakibatkan kematian pada sel otak tersebut…” (The Blaylock Wellness Report, page 2, October 2007.)

Dari sini kita bisa melihat bahwa senyawa glutamat dalam MSG memang sangat berbahaya karena dapat membunuh sel otak kita.

Mungkin beberapa orang berkata, “Bukankah senyawa glutamat dapat kita temukan secara alami pada tubuh manusia? Harusnya MSG aman dong untuk dikonsumsi.”

Benarkah demikian? Jawabannya akan kita bahas dalam renungan besok.

Hari ini kita belajar untuk menjadi orang yang lebih berhati-hati lagi, sebab Tuhan berkata “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.” (1 Tesalonika 5:21).

Jadi, marilah kita menjadi orang yang tidak ikut-ikutan apa kata orang, tetapi menguji segala sesuatu sehingga kita dapat mengetahui apa yang benar dan yang salah.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami