Shalom, selamat pagi.

Tahukah anda bahwa mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Mengapa? Karena tanpa mata tentu saja kita tidak akan bisa melihat keadaan sekeliling kita.

Mata merupakan organ yang sangat luar biasa karena dengan ukuran yang kecil sekitar 24 mm namun dapat melakukan hal yang luar biasa. 

Mata manusia adalah organ yang sangat cepat karena hanya membutuhkan 1/10 detik untuk dapat melihat sebuah objek. Sebagai contoh kita dapat memindahkan fokus mata kita dengan melirik dan dengan cepat langsung merespon apa yang kita lihat itu, misal bola, meja atau dinding berwarna biru dan sebagainya.

Menurut penelitian mata dapat melihat 10 juta warna yang berbeda. Begitu banyak warna, direspon oleh mata karena memiliki gelombang cahaya berbeda-beda. Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa ini adalah warna biru tua, biru muda ataupun biru kehijauan. 

Pernahkah saudara menghitung jumlah kedipan mata dalam satu menit? Dalam percobaan saya, kedipan mata saya adalah 19. Penelitian mengatakan bahwa dalam satu menit sekitar 15-20 mata kita berkedip.

Coba kita bayangkan, jikalau dalam satu hari kita tidur selama 8 jam, maka paling tidak ada sekitar 16 jam mata kita terbuka, bukan? Kalau kita coba menghitung kedipan mata kita selama 16 jam, maka tentu saja mata kita berkedip banyak kali, bukan?

Faktanya selama 1 tahun mata kita bisa berkedip sekitar 4.200.000, jumlah yang cukup besar. Walau demikian, kita tidak merasa lelah untuk berkedip, karena Tuhan mengatur begitu luar biasa sistem dari mata kita.

Mari bayangkan jika mata kita menjadi sakit apa yang akan terjadi? Tentu saja seluruh aktivitas kita akan terganggu. Begitu pentingnya mata bagi kehidupan manusia. Tentu kita harusnya selalu menjaga mata kita dalam keadaan baik, bahkan jika sedikit terganggu kesehatan mata kita maka biasanya kita akan mencari cara untuk dapat memulihkan penglihatan kita.

Tahukah anda? Tuhan pernah berkata bahwa Ia sangat mengasihi umat-Nya. Sehingga Ia berkata “…Sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya.” (Zakharia 2:8)

Artinya bahwa kita sebagai umat-Nya merupakan hal yang sangat penting, karena tidak ada orang yang berani memegang mata orang lain. Namun, jika ada orang yang memegang mata kita, tentu kita tidak akan membiarkanya, bukan? Begitu pula dengan Tuhan kita, Ia tidak akan pernah membiarkan kita. 

Pelajaran untuk kita hari ini :

  1. Mari menjaga mata kita dengan baik karena fungsi mata yang luar biasa bagi kehidupan kita.
  2. Kita umat Tuhan, diumpamakan sebagai mata-Nya. Artinya Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita dalam keadaan tidak baik. 

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami