Bacalah keseluruhan pasal ini dan kita akan melihat ada satu permasalahan yang terjadi, yaitu keluhan yang disampaikan rakyat dari golongan miskin kepada Nehemia tentang kesusahan yang menimpa mereka oleh karena mereka meminjam uang dari orang-orang kaya. Apa yang terjadi?

“… yang lebih kaya di antara orang Yahudi itu telah menarik keuntungan dari kebutuhan mereka, dengan demikian memperkaya diri mereka sendiri.”

Prophets and Kings 646.2

Lalu apa solusinya?

“Tuhan telah memerintahkan Israel, melalui Musa, bahwa setiap tahun ketiga suatu persepuluhan harus dikumpulkan untuk kepentingan orang miskin …. Kesetiaan dalam memberikan persembahan-persembahan ini demi kesejahteraan orang yang kekurangan dan untuk penggunaan-penggunaan bermanfaat lainnya akan cenderung memberi kesan yang segar kepada orang banyak tentang kebenaran bahwa Allah adalah pemilik segala-galanya, dan kesempatan mereka untuk menjadi saluran berkat. Adalah rencana Yehova supaya orang-orang Israel mendapat pendidikan yang akan dapat membasmi sifat mementingkan diri, dan mengembangkan tabiat yang luhur dan mulia.”

Prophets and Kings 646.3

Selain itu, Allah juga telah memberikan petunjuk melalui Musa sebagai berikut:

Nasihat ini juga berlaku untuk kita.

Ingatlah bahwa “… orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.” (Ulangan 15:11)

Kiranya renungan hari ini boleh memberkati kita semua.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami