Shalom, selamat hari Sabat.

Berbicara tentang demam kita sudah pernah singgung sedikit pada renungan kita sebelumnya bahwa demam adalah sinyal yang dikeluarkan oleh tubuh yang menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh kita. Demam juga merupakan usaha tubuh untuk mematikan bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit dalam tubuh.

Kalau seperti itu apa yang harus kita lakukan ketika demam? Apakah dibiarkan saja?

Sebagaimana untuk memperoleh keselamatan kita perlu bekerja sama dengan Tuhan, demikian juga ketika ingin sembuh kita perlu bekerja sama dengan tubuh. Maka ketika demam anda dapat membantu tubuh dengan mengonsumsi banyak air minum. Ini adalah hal yang sangat penting karena dengan mengonsumsi air yang banyak maka panas tubuh akan terkontrol dengan baik dan dapat mencegah panas berlebih pada tubuh (suhu di atas 40 derajat celsius). Namun perlu diketahui untuk tidak mengonsumsi air dingin karena hal itu akan membuat perut bekerja lebih berat untuk mengembalikan suhu air yang dingin menjadi normal.

Hal lainnya yang bisa anda lakukan ketika demam adalah mengkompres tubuh dengan kompres air suhu normal. Khususnya mengkompres bagian-bagian yang sering panas seperti kepala, dada, dan ketiak. Sekali lagi hal ini kita dilakukan untuk mencegah panas berlebih dan menormalkan suhu tubuh saat demam.

Satu hal lagi yang dapat anda lakukan ketika demam adalah dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis dicampur air hangat. Anda dapat membuatnya dengan air perasan dari dua sampai tiga butir jeruk nipis, lalu dicampur ke dalam setengah gelas air hangat. Anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali sehari. 

Kita tahu jeruk nipis adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran-kotoran ataupun membunuh bakteri jahat yang menyebabkan demam dalam tubuh. Dengan mengonsumsi ini tentu saja anda dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

Lalu bagaimana ketika bayi saya demam apakah ada hal-hal khusus yang bisa saya lakukan selain hal di atas? Ada satu teknik sederhana yang bisa anda lakukan ketika bayi anda sedang panas atau batuk pilek. Teknik ini kita akan bahas pada renungan kita selanjutnya.

Hari ini kita belajar sebagaimana vitamin C dapat membersihkan tubuh, demikian juga firman Tuhan dapat membersihkan atau menyucikan kita. Karena dituliskan “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.” (Yohanes 17:17)

Dan firman yang menyucikan itu adalah Yesus. Karena Yesus berkata “‘Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.’” (Yohanes 14:6). Dialah yang menyucikan dan memberikan kita kehidupan kekal.

Selamat hari Sabat dan Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami