Pada pasal ini dicatatkan hal-hal mengenai pakaian imam. Ada banyak hal yang menarik bagi saya saat membaca pasal ini. Tetapi hari ini saya ingin bagikan satu hal saja.

Pakaian ini disebut dengan pakaian kudus.

Berbicara mengenai kudus, jika kita merujuk ke bahasa aslinya kata kudus ini dituliskan  קדשׁ (qôdesh) yang artinya terpisah, kudus, suci. Artinya ini sesuatu yang khusus yang disiapkan secara terpisah atau berbeda dengan lainnya.

Karena pakaian kudus ini khusus atau terpisah dari yang lainnya dan suci, maka yang membuat pakaian ini tentu bukan sembarang orang. Mari kita baca ayat selanjutnya dalam versi ILT3 (bisa juga baca versi KJV).

Jadi, yang membuatnya adalah orang yang berhikmat yang penuh dengan roh hikmat. Pakaian ini tidak dibuat secara sembarangan, karena memang ini adalah pakaian kudus.

Selain itu ada begitu banyak aturan yang dibuat mengenai pakaian imam ini. Jika kita perhatikan, maka kita akan melihat ada begitu banyak aturan mulai dari kain yang digunakan, warna apa saja, batu apa saja yang ditaruh, dan lain-lain. Sangat rinci. Tetapi itulah aturan yang Tuhan tetapkan kepada mereka untuk masalah pakaian.

Bahkan untuk masalah pakaian pun ada aturan yang Tuhan tetapkan. Tak heran di ayat terakhir dari pasal ini dicatatkan demikian:

Jadi, untuk masuk ke dalam kemah pertemuan, pakaian yang digunakan haruslah pakaian yang sesuai dengan aturan Tuhan agar mereka tidak mati.

Dari semua ini kita belajar bahwa kita semua saat ini adalah imamat yang rajani, umat kepunyaan Allah (baca 1 Petrus 2:9) dan kita harus memakai ‘pakaian kudus’ yang artinya kita harus memiliki tabiat atau karakter yang kudus di dalam kehidupan kita.

Jadi, perhatikan tabiat kita. Perhatikan apa yang kita lakukan, katakan, dan bahkan yang kita pikirkan. Itulah sebabnya Petrus menuliskan “… betapa suci dan salehnya kamu harus hidup.” (2 Petrus 3:11)

Penjelasan mengenai pakaian adalah lambang karakter atau tabiat atau perbuatan bisa dibaca di renungan kami dengan judul “Memperhatikan Pakaiannya” pada tanggal 12 Oktober 2020. Bisa dilihat di semua media kami. Untuk telegram dan website kami sertakan link berikut ini.

Telegram: https://t.me/growithim/495

Website: https://growithim.org/renungan/memperhatikan-pakaiannya/ 

Fb: https://m.facebook.com/growithim/photos/memperhatikan-pakaiannyalihatlah-aku-datang-seperti-pencuri-berbahagialah-dia-ya/2756429888006142/ 

Kiranya renungan hari ini boleh mengingatkan kita semua untuk memiliki tabiat atau karakter yang kudus, yang berbeda dari dunia, yaitu karakter Kristus.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami