Shalom, selamat hari Sabat.

Ketika sedang sakit, apakah yang anda sering lakukan pertama kali? Apakah langsung pergi ke rumah sakit? Mencari obat herbal? Berdoa dulu baru bertindak? Atau bingung dan tidak tahu harus berbuat apa?

Pada seri renungan “Ketika Sedang Sakit” ini kita akan membahas beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan ketika kita sedang sakit.

Namun sebelumnya mari kita memahami dulu kenapa rasa sakit bisa ada. Apakah Tuhan yang membuat rasa sakit itu?

. . . bukanlah Allah yang menyebabkan rasa sakit dan penderitaan, tetapi manusia melalui ketidakpeduliannya dan dosa telah membawa kondisi ini pada dirinya.”—Testimonies for the Church 6:280 (1900).

Mind, Character, and Personality, Vol. 2, 510.1

Tuhan bukanlah penyebab rasa sakit. Rasa sakit atau penyakit bisa ada karena ketidakpedulian dan dosa manusia. Tak heran Alkitab mencatatkan di dalam Roma 6:23 “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” 

Dan apa itu dosa yang akhirnya menyebabkan rasa sakit? 1 Yohanes 3:4 menjawab “Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.”

Pelanggaran akan hukum Tuhan baik yang kita sadari maupun tidak, membawa rasa sakit dan penderitaan bagi manusia. 

Pertanyaannya bagi kita. Maukah kita disembuhkan oleh Tuhan? Kalau kita mau, mari kita belajar akan hukum kesehatan yang Tuhan sudah berikan bagi kita. Kita tidak boleh acuh tak acuh dengan kesehatan kita sendiri karena “. . . tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu … Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6:19-20)

Kiranya renungan ini boleh menjadi berkat bagi kita semua dan kita selalu dalam keadaan yang sehat.

Selamat hari Sabat dan Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami