Di penglihatan Zakharia yang kedelapan ada empat kereta yang ditarik oleh empat kuda. Hari ini saya tertarik dengan kuda pertama, yaitu kuda merah.

Walter Veith menjelaskan di dalam videonya yang berjudul “Zechariah – Part 3” (Video bisa dilihat di tautan berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=daOYcG608JE&t=2s bahwa “Merah adalah warna pengorbanan, diasosiasikan dengan kemartiran.” (Walter Veith)

Menurut KBBI, Martir adalah orang yang rela menderita atau mati daripada menyerah karena mempertahankan agama atau kepercayaan; orang yang mati dalam memperjuangkan kebenaran agama.

Jadi, martir adalah orang yang rela mati demi kebenaran atau demi TUHAN.

Ada banyak tokoh martir di dalam Alkitab dan juga kisah martir lainnya. Ada beberapa yang kami sudah pernah bahas di “Seri Lebih Baik Mati” yang bisa didengarkan di: https://youtube.com/playlist?list=PLoCQDFwaCjCd0TOIMklYYXWwpF_qN09jH&si=iu-ih2z2pxV4bkEG

Jika hari ini kita dihadapkan pilihan untuk tetap setia kepada TUHAN walaupun akan mati atau kita berkompromi, manakah yang akan kita pilih? Ingatlah akan beberapa ayat dan kutipan di bawah ini:

“Lebih baik mati daripada tidak menghormati atau melanggar hukum Allah seharusnya menjadi prinsip kehidupan setiap orang Kristen.”

Testimonies for the Church, Vol. 5, 147.1

Kiranya renungan ini boleh menguatkan kita semua. Amin.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami