Gunung yang besar di dalam Alkitab biasanya menggambarkan halangan atau rintangan atau kesulitan. Sekarang mari kita baca beberapa penjelasan mengenai pasal ini.

“Bab ini penuh dengan dorongan bagi mereka yang melakukan pekerjaan Tuhan di akhir zaman ini. Zerubabel telah pergi ke Yerusalem untuk membangun rumah Tuhan. Namun ia diliputi dengan kesulitan. Musuh-musuhnya ‘melemahkan tangan-tangan rakyat Yehuda, dan menyusahkan mereka dalam membangun,’ ‘dan menghentikan mereka dengan kekerasan dan kekuasaan.’ Namun Tuhan turun tangan mewakili mereka, dan rumah itu pun selesai.”

The SDA Bible Commentary Vol. 4, 1179.3

“Kesulitan-kesulitan yang sama yang diciptakan untuk menghambat pemulihan dan pembangunan pekerjaan Allah, gunung-gunung kesulitan besar yang menghadang Zerubabel, akan dihadapi oleh semua orang yang saat ini setia kepada Allah dan pekerjaan-Nya. Banyak penemuan-penemuan manusia yang digunakan untuk melaksanakan rencana-rencana yang sesuai dengan pikiran dan kehendak manusia yang tidak bekerja bersama-sama dengan Allah.… Mereka yang menempatkan dirinya menentang pekerjaan Tuhan mungkin akan menghambatnya untuk sementara waktu, namun Roh yang sama yang telah membimbing seluruh pekerjaan Tuhan akan membimbingnya saat ini. ‘… Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.’ Zakharia 4:6”

The SDA Bible Commentary Vol. 4, 1179.4

Dari sini kita diingatkan sebesar dan sebanyak apapun halangan yang terjadi di dalam pekerjaan Tuhan, ingatlah untuk bekerja bersama-sama dengan Tuhan dan tentu kita akan dibimbing untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya dengan bantuan Roh TUHAN.

Kiranya renungan hari ini boleh menguatkan kita semua untuk tetap setia melayani Tuhan walaupun ada begitu banyak halangan di dalam pekerjaan TUHAN yang datang menimpa kita.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami