Kita telah mempelajari bahwa hati membantu proses pencernaan lemak dan zat makanan lainnya. Hari ini kita akan membahas bagaimana hati juga berperan dalam berbagai proses dalam darah.

Mari kita lihat apa fakta menarik dari kerja hati lainnya. Tahukah anda bahwa hati juga berperan dalam merombak sel darah merah?

Sel darah merah dibentuk di dalam sumsum tulang belakang kemudian sel darah merah yang baik akan melakukan tugasnya selama kurang lebih 4 bulan. 

Setelah 4 bulan sel darah merah yang sudah rusak akan diproses oleh hati dan dibuang. Tanpa hati yang sehat mungkin saja sel darah merah yang telah rusak tidak dapat diproses dan dibuang dengan baik.

Jadi organ hati sangatlah berperan dalam mengatur ketersediaan dan regenerasi sel darah merah dalam tubuh manusia. Banyak orang yang mengira bahwa kalau kekurangan darah berarti kurang makan daging. Memang kekurangan darah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun salah satu penyebabnya bisa karena organ hati kita yang sudah rusak. 

Tuhan memberikan kepada kita suatu organ yang luar biasa, tidak ada organ tubuh yang tidak penting dan semua organ dalam tubuh selalu bergantung satu sama yang lain. 

Hal ini membuat kita harus bersyukur dan memelihara organ tubuh kita yaitu hati. Cara memelihara organ hati kita yaitu dengan mengurangi mengonsumsi lemak yang berasal dari daging hewan, banyak mengonsumsi buah dan sayur yang berwarna warni. Tentu kita juga harus berolahraga yang membantu pembakaran lemak-lemak yang tidak berguna bagi tubuh. Tidak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan yang dapat merusak organ hati. 

Mari kita menjaga seluruh tubuh kita dengan baik karena “…tubuhmu adalah bait Roh Kudus …. dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?” 1 Korintus 6:19  

Selamat Sabat dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami