Shalom, dan selamat Sabat bagi kita semua. 

Hari ini kita akan membahas fakta menarik dari organ tubuh manusia yang sangat luar biasa yang Tuhan ciptakan. Organ tersebut adalah lambung. 

Mari kita lihat fakta menarik dari lambung. Lambung memiliki cairan yang bernama asam lambung. Asam lambung ini memiliki pH yang sangat rendah yaitu kisaran 1-3 artinya cairan ini bersifat sangat asam. Jika cairan asam lambung itu mengenai kulit luar tubuh kita maka kemungkinan tubuh kita akan melepuh atau terbakar. Sungguh sangat mengerikan bukan? Namun, ajaibnya asam lambung ini jika berada di dalam lambung ia tidak menyebabkan lambung melepuh. Kira-kira mengapa demikian? Jawabannya adalah karena lambung memiliki lapisan seperti lendir yang melapisi lambung sehingga melindungi lambung dari cairan asam tersebut.

Fakta menarik berikutnya mengenai lambung adalah walau lambung diisi oleh makanan yang keras, lambung juga tetap akan mencerna makanan tersebut namun tergantung dari durasi waktunya, semakin keras makanan yang kita makan maka lambung akan membutuhkan waktu yang semakin lama juga. 

Tahukah anda bahwa setiap manusia memiliki besar lambung yang sama dengan kapasitas kurang lebih 4 liter, namun umumnya lambung akan terasa penuh jika sudah terisi 1,5 liter. 

Selain fungsi pencernaan lambung juga memiliki fungsi pembersihan dari zat berbahaya, bakteri,virus, jamur dan lainnya yang mungkin terkandung dalam makanan yang kita makan. Bisa kita bayangkan jika tanpa lambung mungkin saja kita akan sangat mudah terkena penyakit karena kuman bakteri yang terdapat pada makanan kita.

Begitu menarik bukan fungsi dari lambung yang Tuhan ciptakan bagi kita itu, maka darinya kita harus menjaga lambung kita dalam keadaan yang sehat. Lalu bagaimana cara menjaga lambung kita agar tetap sehat? Yaitu menghindari makanan yang terlalu pedas, dan juga makan pada jam yang teratur agar lambung dapat beristirahat. Pembahasan mengenai makan pada jam teratur dapat disimak pada tautan berikut ini: https://youtu.be/xt4miThKBBA

Berbicara soal lambung. Tahukah anda bahwa 2000 tahun yang lalu ada Seseorang yang ditusuk atau ditikam lambung-Nya oleh karena kesalahan orang lain. Mari kita baca dalam Yohanes 19:33-34  “tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.”

Ya, itu adalah Yesus yang mati karena kesalahan dan dosa kita. Ia mati bukan karena kesalahan dari diri-Nya sendiri. Yesus ditikam lambung-Nya karena dosa kita, mari kita menghargai setiap pengorbanan-Nya dengan cara melakukan apa yang Ia perintahkan. Di dalam Yohanes 14:15  dituliskan “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.”

Tentu kita sudah banyak mengetahui perintah-perintah Yesus untuk kita lakukan yang tertulis dalam Alkitab. Mari hari ini kita lebih tekun melakukannya kembali karena kita mengasihi-Nya.

Selamat Sabat dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami