Shalom selamat Sabat

Hari ini kita akan kembali membahas organ tubuh manusia yang menarik lainnya yaitu ginjal. 

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia selain dari jantung dan otak. Mengapa? Karena tanpa mereka kita akan langsung mati. Ya, tentu saja semua organ tubuh kita penting, namun tanpa mata manusia masih bisa hidup, atau tanpa tangan, manusia masih bisa hidup. Namun tanpa kedua ginjal tentu manusia akan segera mati. 

Ginjal memiliki 2 bagian organ yang berbentuk seperti kacang merah, berada di pinggang kanan dan kiri. Fungsi utama ginjal ini adalah untuk menyaring darah yang hasilnya adalah urine. Ajaibnya, walau ginjal terdiri dari dua bagian yaitu ginjal kanan dan kiri, proses penyaringan ini masih dapat dilakukan oleh satu ginjal saja. Walau demikian proses penyaringan oleh 1 ginjal tersebut tidak dapat berlangsung maksimal dan tidak menutup kemungkinan akan mengganggu kesehatan tubuh.

Ginjal merupakan pusat penyaring dari semua yang masuk di tubuh. Biasanya tugas ginjal adalah menyaring dan memisahkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan mengeluarkannya melalui air seni atau urine.

Mari kita bayangkan jika ginjal fungsinya tidak menjadi maksimal, maka zat yang kotor atau berbahaya tadi tidak terbuang dan akan tercampur dengan darah kita. Tidak heran jika seseorang mengalami kerusakan pada ginjal akan mengalami masalah-masalah dalam darah dan juga kulit. Biasanya kulit seseorang yang ginjalnya terganggu akan mudah kering, gatal dan berubah warna karena darah sudah bercampur dengan zat berbahaya yang seharusnya dibuang melalui air seni.

Begitu ajaibnya salah satu fungsi ginjal ini, Tuhan memberikan ginjal pada manusia agar darah tetap terjaga bersih dari kotoran. Tuhan sebagai pencipta kita tidak menginginkan segala yang jahat bercampur dengan baik. Begitu juga di dalam kehidupan kerohanian kita, dalam Firman-Nya, Ia mengingatkan untuk “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2)

Jadi agar kita dapat membedakan yang baik dan yang berkenan untuk Tuhan, mari kita jangan mencoba mencampurkan hal kebenaran dengan kesenangan kita yang bersifat duniawi. Karena pastilah kita tidak akan dapat membedakan yang baik dan yang jahat, dan sama seperti ginjal yang sudah tidak berfungsi baik, kehidupan kerohanian yang sudah tercampur dengan yang jahat, juga pasti akan memberikan masalah bagi kehidupan kita sekarang maupun kehidupan kekekalan.

Inilah renungan kita, selamat hari Sabat, dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami