Kita sudah belajar pentingnya belajar dari pengalaman bangsa Israel. Bacaan kita hari ini (Mazmur 106) juga banyak menceritakan kisah bangsa Israel. Salah satunya yang ingin saya ambil adalah pada ayat 34-36.

Pemazmur mencatatkan mengenai bangsa Israel, yaitu “Mereka tidak memunahkan bangsa-bangsa, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada mereka, tetapi mereka bercampur baur dengan bangsa-bangsa, dan belajar cara-cara mereka bekerja. Mereka beribadah kepada berhala-berhala mereka, yang menjadi perangkap bagi mereka.” (Mazmur 106:34-36)

Artinya bangsa Israel tidak menuruti perintah Tuhan dan malah bercampur dengan bangsa lain, lalu mereka bekerja dengan cara bangsa yang tidak takut akan TUHAN, dan pada akhirnya beribadah pada berhala mereka.

Bukankah kehidupan bangsa Israel juga sering terjadi dalam hidup kita? Kita mengabaikan perintah TUHAN, berkompromi dengan dunia, mengikuti ajaran-ajaran dunia, dan pada akhirnya kita menyembah berhala mereka.

Janganlah kita mengikuti cara dunia. Cara dunia berbeda dengan cara TUHAN. itulah sebabnya TUHAN memberikan nasihat bagi kita melalui Paulus, yaitu “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2)

Kiranya pengalaman ketidakmenurutan dari bangsa Israel ini tidak kita lakukan lagi, tetapi berbaliklah dan bertobatlah. Tirulah pengalaman yang baik. Janganlah berkompromi dengan dunia!

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami