Kemarin kita sudah membahas kisah John Huss. Hari ini kita akan membahas kisah Jerome. Mari kita ikuti kisah Jerome yang akan kami ceritakan di audio renungan. Renungan bisa didengarkan di YouTube kami.

Renungan teks pagi ini hanya membahas pelajaran apa saja yang kita bisa dapat dari kisah Jerome, yaitu:

Pertama, Jerome adalah orang yang menepati janjinya. Saat ia berjanji kepada Huss, ia menepatinya walaupun ia tahu ada bahaya yang akan diterimanya. Dan tabiat Jerome ini haruslah kita miliki. Karena kita punya Tuhan yang juga selalu menepati janji-Nya.

Kedua, Walaupun Jerome sempat menyerah kepada keadaan dan memilih menyangkal Tuhan, tetapi pada akhirnya ia berbalik dan bahkan berani mati demi kebenaran. Jika hari ini iman kita sedang lemah atau turun, ingatlah untuk berdoa dan meminta pertolongan Tuhan agar iman kita bisa naik lagi dan menjadi kuat.

Ketiga, Kebenaran itu berasal dari Tuhan dan dicatatkan di dalam Alkitab. Jadi, pelajari Alkitabmu untuk mengetahui mana yang benar dan salah, janganlah kita langsung percaya dengan apa yang dikatakan gereja atau pendeta kita. Mengapa? Karena bisa saja mereka salah, tetapi biarlah kita uji segala sesuatu dengan Firman Tuhan. Alkitab sendiri mencatat, “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.” (1 Tesalonika 5:21). Jadi, jangan lupa untuk pelajari Alkitab kita setiap hari seperti orang Berea (Kisah Para Rasul 17:11).

Keempat, Walaupun Jerome sudah meninggal, begitu juga dengan Huss, tetapi teladan dari para martir ini tidak bisa dipadamkan, malah kisah kehidupan mereka akan menjadi kekuatan bagi kita semua dalam menghadapi krisis yang akan segera terjadi ini.

Marilah kita sama-sama berdoa agar kita bisa menjadi John Huss dan Jerome modern saat ini dengan bantuan dari Tuhan.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami