Shalom, selamat pagi.

Hari ini kita akan kembali membahas organ tubuh manusia yang menakjubkan lainnya yang Tuhan ciptakan, yaitu otak. 

Sama seperti jantung otak adalah organ penting dalam tubuh manusia. Karenanya otak dilindungi oleh tulang kepala yang cukup keras. 

Otak menjadi organ penting karena Ia mengontrol seluruh pergerakan yang ada di dalam tubuh manusia.

Seperti pergerakan otot jantung, pergerakan paru, mata, otot, sistem pencernaan bahkan juga pengeluaran enzim maupun hormon, dan masih banyak hal lainnya yang dilakukan organ penting ini.

Otak melakukan banyak sekali pengaturan dalam tubuh manusia. Tak heran ia dibentuk dengan sangat kompleks dan juga sangat luar biasa. 

Jikalau kita membandingkan otak dengan komputer atau PC, maka fungsi otak sangat mirip dengan CPU pada komputer. Dan monitor atau layar pada komputer sama seperti mata pada manusia.

Menariknya, jika suatu komputer atau laptop harus di-upgrade (mengganti memori) untuk memperoleh kapasitas memori yang lebih besar, otak tidak perlu di upgrade. Dan tentunya anda tidak perlu datang ke rumah sakit untuk menambah kapasitas penyimpanan memori pada otak karena otak dilengkapi oleh Tuhan dengan penyimpanan tanpa batas.

Begitu luar biasa otak yang menjadi pusat pengaturan bagi tubuh manusia. Tentu kita harus menjaganya. Jika otak kita rusak atau tidak sehat maka penyakit-penyakit seperti stroke, amnesia, demensia alzheimer (pikun) dan penyakit lainnya dapat muncul pada otak kita.

Keteraturan adalah salah satu tabiat Allah kita. Itulah salah satu sebabnya Tuhan memberikan kita otak sebagai pusat pengaturan dalam tubuh yaitu supaya hidup kita teratur. Berbicara tentang keteraturan Tuhan mengingatkan kita di dalam 1 Korintus 14:40  “Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.”

Tuhan sangat suka keteraturan sehingga Ia juga menyukai peraturan. Imamat 18:4-5 menuliskan “Kamu harus lakukan peraturan-Ku dan harus berpegang pada ketetapan-Ku dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu. Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku. Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya; Akulah TUHAN.”

Jadi, Tuhan menghendaki umat-Nya untuk hidup teratur dan menuruti segala peraturan dan hukum-Nya.

Pelajaran untuk kita hari ini :

  1. Otak kita sangat teratur dan memiliki kapasitas yang tanpa batas, kita harus menjaganya.
  2. Tuhan menyukai keteraturan, maka kita harus menuruti hukum-Nya.

Selamat Sabat dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami