Shalom, Selamat Sabat!

Hari ini kita kembali membahas mengenai makanan yang mirip dengan bagian tubuh kita, yaitu kita akan membahas mengenai anggur.

Sekarang mari kita lihat buah anggur. Bagian tubuh mana yang mirip dengan anggur?

Jadi, anggur ini mirip dengan alveoli yang ada di dalam paru-paru. Dari alveoli, oksigen dilepaskan dari paru-paru ke dalam darah.

Salah satu alasan bayi prematur harus berjuang untuk bertahan hidup adalah karena alveoli belum terbentuk sampai minggu ke 23 atau 24 kehamilan.

Jadi, diet tinggi buah-buah segar seperti anggur terbukti mengurangi resiko kanker paru-paru. 

Biji anggur mengandung bahan kimia yang disebut proantosianidin, yang menurut studi praklinis, memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker paru-paru. 

Menurut buku “OPC in Practice: The Hidden Story of Proanthocyanidins”, peneliti asal Prancis, Profesor Jack Masquelier menemukan bahwa biji anggur mengandung proantosianidin yang ampuh mencegah kanker paru-paru. Efektivitasnya dikatakan dapat menangkal radikal bebas 20 kali lipat dibanding vitamin C dan 50 kali lipat dibanding vitamin E.

Bukan hanya biji anggur saja, tetapi kulit anggur juga memiliki manfaat yang luar biasa. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam “American Journal of Physiology”, di dalam kulit buah anggur terdapat senyawa yang disebut resveratrol. Senyawa tersebut mampu mencegah penyakit asma dan gangguan paru-paru kronis.

Kita semua tahu bahwa paru-paru adalah salah satu bagian penting dalam tubuh kita, bukan? Oleh karena itu kita harus menjaganya. Ada pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati” artinya: sebelum kita terkena penyakit, mari kita jaga dengan makan makanan yang sehat.

Tuhan ingin kita sehat dan memberikan petunjuk makanan yang seharusnya kita makan. Oleh karena itu, Ia menyediakan segala makanan sehat untuk kita karena Ia sangat mengasihi dan ingin kita sehat. Tugas kita adalah menurut apa yang Sang Gembala Agung katakan.

Harapan kita semua pastilah kita selalu sehat secara jasmani dan rohani, bukan? Oleh karena itu “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.” (3 Yohanes 1:2)

Selamat Sabat dan Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami