Apakah kita perlu menjaga kebersihan? Ya, tentu saja! Mari kita baca penjelasan dari buku Counsels for the Church Chapter 39 – The Importance of Cleanliness.

Apa saja yang harus dalam keadaan bersih atau apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kebersihan?

“Banyak orang yang sakit karena tidak membiarkan udara yang bersih pada malam hari masuk ke dalam kamarnya. Udara yang tidak perlu dibeli adalah salah satu karunia yang dapat kita nikmati.”

Counsels for the Church 219.1

Jadi penting sekali kita menghirup udara yang bersih. Bagi kita yang tinggal di kota mungkin susah mendapatkan udara yang bersih, tetapi setidaknya kita bisa dapatkan di pagi hari untuk menghirup udara yang bersih dan segar.

Apalagi yang harus kita lakukan?

“Kotoran terus-menerus dibuangkan dari badan melalui kulit. Pori-pori yang jutaan banyaknya itu segera akan tersumbat jika tidak selalu bersih oleh seringnya mandi sehingga kotoran yang seharusnya ke luar dari kulit menjadi beban tambahan bagi alat tubuh lainnya yang mengeluarkan kotoran.”

Counsels for the Church 219.2

“Pada umumnya orang akan beroleh banyak faedah karena mandi air dingin atau air hangat setiap pagi atau sore. Daripada mudah diserang demam, mandi teratur menangkis serangan bebas dan teratur. Pikiran dan tubuh dikuatkan. Otot lebih lemas dan pikiran pun lebih terang. Mandi menyegarkan saraf. Mandi menyehatkan dan menguatkan usus dan lambung dan jantung serta melancarkan pencernaan.”

Counsels for the Church 219.3

Jadi, jangan lupa untuk mandi ya! Kita harus rajin mandi untuk menjaga kebersihan tubuh kita.

Selain menghirup udara segar dan mandi setiap pagi dan sore, apalagi yang harus kita jaga kebersihannya?

“Perlu juga menjaga agar pakaian selalu bersih. Pakaian menghisap kotoran yang keluar dari pori-pori sehingga jika tidak sering diganti dan dicuci kotoran itu akan diisap kembali.”

Counsels for the Church 219.4

Disini kita juga belajar untuk menjaga pakaian kita tetap bersih.

Apalagi kebersihan yang harus kita jaga?

Tuhan ingin kita menjaga kebersihan hati kita karena pemazmur berkata, “Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.” (Mazmur 73:1)

Oleh karena itu saudara-saudaraku yang terkasih, marilah kita menjaga kebersihan tubuh, pakaian kita dan menikmati udara yang bersih serta jangan lupa menjaga hati kita tetap bersih.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami