Pasal ini diawali dengan penjelasan di ayat kedua pada versi TB bahwa pasal ini adalah nyanyian pengajaran Daud, “ketika orang Zifi datang mengatakan kepada Saul: ‘Daud bersembunyi kepada kami.’” (Mazmur 54:2)

Jika kita mencari di Alkitab elektronik kata “Zifi” maka kita tidak akan menemukannya, tetapi saat kita melihat tanda asteris * pada Alkitab elektronik (Sabda atau Yuku), maka akan diarahkan ke 1 Samuel 23:19 dan 26:1 yang berbunyi demikian, “Datanglah orang Zif kepada Saul di Gibea serta berkata: ‘Daud menyembunyikan diri di bukit Hakhila di padang belantara.’” (1 Samuel 26:1)

Jika kita membaca kisah lengkapnya atau membaca kisah Daud saat dikejar-kejar oleh Saul dan mau dibunuh, maka kita dapati bahwa Daud selalu dilindungi Tuhan sehingga bisa selamat dari kejaran Saul. Begitu juga saat orang Zif memberitahu keberadaan Daud kepada Saul, Daud pada akhirnya tetap selamat.

Jika kita membaca kisahnya, maka kita akan melihat bagaimana Daud sudah beberapa kali melarikan diri dari satu tempat ke tempat yang lain. Daud sendiri melihat bagaimana Allah menolongnya. Itulah sebabnya di pasal ini ada kalimat “Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku. Sebab Ia melepaskan aku dari segala kesesakan, dan mataku memandangi musuhku.” (Mazmur 54:6, 9)

Walaupun pasal ini diawali dengan keluhannya mengenai musuh-musuhnya kepada Allah dan juga meminta pertolongan, tetapi pada pertengahan dan akhir pasal ini, ia mengatakan bahwa Allah adalah penolong yang melepaskannya dari musuh.

Oleh karena itu, jika hari ini kita merasa seperti Daud atau ketika kita merasa dalam keadaan yang susah, maka kita bisa membaca atau mendengarkan Mazmur pasal 54.

Kiranya Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami