Ketika kita telah memahami bagaimana peran burung merpati, mari kita lihat fakta burung merpati yang terakhir. Banyak yang mengatakan bahwa merpati simbol untuk kedamaian. Banyak daerah menggunakan merpati untuk simbol “damai” dan benarkah demikian?

Asal usul mengapa merpati dijadikan simbol untuk kedamaian belum diketahui. Namun, beberapa mengatakan karena merpati pernah menjadi sarana dalam perang yang digunakan sebagai ‘alat’ komunikasi sehingga ada beberapa tentara yang selamat dari kematian karena merpati memberikan surat kepada anggota tentara lainnya. Ada pula yang mengatakan karena merpati selalu dikaitkan dengan peristiwa yang sakral, contohnya dalam acara pernikahan merpati yang dilepaskan dengan harapan akan membawa kedamaian dan merpati itu juga simbol dari kesetiaan kepada rumah tangga pasangan tersebut. 

Banyak cerita lainnya mengenai merpati sebagai simbol damai, tetapi dengan banyaknya cerita tersebut mari kita lihat fakta dari Alkitab. 

Alkitab mencatat, “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri…” (Galatia 5:22-23)

“Kerajaan Allah adalah kebenaran dan damai sejahtera serta sukacita di dalam Roh Kudus.”

Sukses Memimpin 137.1

Merpati di lambangkan sebagai Roh Kudus dan Roh Kudus memiliki suatu sifat, yang salah satunya adalah damai. Tidak heran banyak simbol merpati dikaitkan dengan kedamaian.

Biarlah Roh Kudus menjadi penolong di dalam kehidupan kita agar kita bisa “berdamai” di dalam diri kita, lingkungan kita, terlebih lagi berdamai dengan Tuhan.

Itulah sebabnya firman Tuhan juga berkata, “Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.” (Ibrani 12:14)

Selamat Pagi dan Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Contact Us

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus voluptatem accusantium doloremque laudantium totam reaperiam eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Type what you are searching for:

Hubungi Kami