Seri Otak adalah Ibukota Tubuh

Seri Kesehatan – Otak adalah Ibukota Tubuh (Bagian 5) – Excitotoxin (Minuman bersoda)

Pasti telinga kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya minuman bersoda bukan? Minuman ini sudah mulai beredar di dalam peradaban kita sejak tahun 1886. Menariknya, ide minuman ini muncul dari buah pikiran seorang apoteker yang bernama Dr. John Pemberton dan minuman ini dijual di apotek miliknya di Atlanta.

Menarik sekali bukan? Ternyata minuman bersoda ditemukan oleh seorang apoteker dan pertama kali dijual di toko obat bukan di warung atau minimarket seperti sekarang ini.

Faktanya minuman bersoda sudah lama menjadi kontroversi di tengah masyarakat, karena minuman ini diduga sebagai penyebab obesitas, mengingat jumlah gula yang sangat tinggi yang terkandung dalam minuman ini. Bagaimana tidak tinggi, di dalam satu kaleng ukuran sedang minuman bersoda merek **** saja terdapat sekitar 39 gram gula yaitu setara dengan 9⅓ sendok teh. Sementara batas maksimum asupan gula per hari menurut American Heart Association adalah 9 sendok teh untuk laki-laki dan 6 sendok teh untuk perempuan. Artinya dengan satu kaleng minuman bersoda saja anda sudah melampaui batas maksimal asupan gula per hari.

Hal ini tentu saja mendesak perusahaan untuk mengeluarkan varian baru yang tidak mengandung gula sama sekali. Lalu apa yang digunakan?

Ketimbang gula mereka menggunakan aspartam sebagai pemanisnya. Namun sayangnya aspartam ini termasuk ke dalam zat excitotoxin yang mana dapat merusak otak manusia.

Setiap hari setan selalu punya cara baru untuk membinasakan kita, seperti minuman bersoda diatas, setan seakan-akan memberikan solusi yang sebenarnya hanya akan menimbulkan masalah baru.

Namun kita tidak perlu takut akan tipuan setan sebab Tuhan sudah berkata bahwa “…Aku mau membuat kegelapan yang di depan mereka menjadi terang…” (Yesaya 42:16).

Percayalah bahwa Tuhan tidak akan membuat kita tersandung di dalam kegelapan yang setan kirim sebab Tuhan akan senantiasa menyinari jalan kita.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Grow

Recent Posts

Perenungan Yesaya 8 – Hati-Hati dengan Guru-Guru Palsu

Kita perlu berhati-hati ketika meminta petunjuk atau nasihat atau pengajaran. Janganlah kita terkena tipu Setan.…

19 hours ago

Whosoever Shall Call (Barangsiapa Berseru)

Mari kita menghafal ayat Alkitab dan memuji nama Tuhan melalui nyanyian. Iringan: https://youtu.be/0vNssWogzHk 🍒 LIRIK…

2 days ago

Ketika Sedang Sakit (Bagian 20) – Obat Batuk dan Pilek Alami

Shalom, selamat hari Sabat. Siapa sih yang tidak menderita ketika sedang batuk pilek? Saya rasa…

3 days ago

Perenungan Yesaya 7 – Imanuel

Di pasal ini ada nubuatan tentang Yesus yang akan lahir. “Sebab itu Tuhan sendirilah yang…

4 days ago

Perenungan Yesaya 6 – Tanggung Jawab Kita Semua

Saat seminar penginjilan, salah satu ayat yang sering digunakan selain Matius 28:19-20 adalah Yesaya 6:8.…

5 days ago

Perenungan Yesaya 5 – Berjaga-jagalah

“Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi…

6 days ago