Seri Harta yang Terpendam

Harta yang Terpendam (Bagian 15) – Penyelidikan yang Sungguh-Sungguh

“Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.”

Matius 13:44

Kemarin kita sudah belajar pentingnya menyelidiki Kitab Suci secara pribadi. Tetapi ada hal penting lainnya yang harus kita perhatikan di dalam menyelidiki Kitab Suci, yaitu “Kitab Suci janganlah dibaca di bawah terang yang samar-samar dari tradisi serta spekulasi manusia. Tetapi harus ada penyelidikan yang sungguh-sungguh dan penelitian yang saksama.” (Christ’s Object Lessons 111.1-2)

Apa maksudnya penyelidikan yang sungguh-sungguh dan penelitian yang saksama?

Maksudnya adalah kita dinasihati untuk menjadi seperti orang Yahudi di Berea. Mari kita baca lagi ayat di Kisah Para Rasul 17, “Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.” (Kisah Para Rasul 17:11)

Coba perhatikan kalimat, “setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci” yang artinya mereka menyelidiki Kitab Suci bukan 1 bulan 1x atau 1 minggu 1x, tetapi setiap hari.

Tak heran pena inspirasi mencatat, “Pengertian yang tajam dan pandangan yang terang tentang kebenaran tidak akan pernah diperoleh dari hasil kemalasan. Tidak ada berkat dunia yang dapat diperoleh tanpa usaha yang sungguh-sungguh, sabar, tabah.” (Christ’s Object Lessons 111.2)

Sama seperti jika seseorang ingin sukses dalam perdagangan, ada usaha yang dilakukan, begitu juga saat kita ingin memperoleh kebenaran. Pena inspirasi mencatat, “… kita tidak dapat berharap untuk memperoleh pengetahuan rohani, tanpa usaha yang ikhlas. Orang yang ingin mendapatkan harta kebenaran itu harus menggalinya seperti pekerja tambang menggali tanah mencari harta yang tersembunyi. Tiada pekerjaan yang setengah hati, atau acuh tak acuh akan berhasil.” (Christ’s Object Lessons 111.2)

Oleh karena itu, “Adalah penting bagi orang tua dan muda, bukan saja membaca firman Allah; melainkan mempelajarinya dengan segenap kesungguhan hati, berdoa dan menyelidiki kebenaran seperti mencari harta yang tersembunyi. Orang yang berbuat ini akan diberi pahala karena Kristus akan memperjelas pengertian.” (Christ’s Object Lessons 111.2)

Kiranya kita semua mempelajari Kitab Suci dengan sungguh-sungguh dan segenap hati disertai dengan doa, maka harta terpendam itu akan kita temukan, sebuah harta yang sangat berharga bagi kehidupan kita.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Grow

Recent Posts

Perenungan Yesaya 8 – Hati-Hati dengan Guru-Guru Palsu

Kita perlu berhati-hati ketika meminta petunjuk atau nasihat atau pengajaran. Janganlah kita terkena tipu Setan.…

18 hours ago

Whosoever Shall Call (Barangsiapa Berseru)

Mari kita menghafal ayat Alkitab dan memuji nama Tuhan melalui nyanyian. Iringan: https://youtu.be/0vNssWogzHk 🍒 LIRIK…

2 days ago

Ketika Sedang Sakit (Bagian 20) – Obat Batuk dan Pilek Alami

Shalom, selamat hari Sabat. Siapa sih yang tidak menderita ketika sedang batuk pilek? Saya rasa…

3 days ago

Perenungan Yesaya 7 – Imanuel

Di pasal ini ada nubuatan tentang Yesus yang akan lahir. “Sebab itu Tuhan sendirilah yang…

4 days ago

Perenungan Yesaya 6 – Tanggung Jawab Kita Semua

Saat seminar penginjilan, salah satu ayat yang sering digunakan selain Matius 28:19-20 adalah Yesaya 6:8.…

5 days ago

Perenungan Yesaya 5 – Berjaga-jagalah

“Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi…

6 days ago